Monday, October 1, 2012

Betapa pentingnya menjaga dan merawat lingkungan alam sekitar

(Dalam Melestarikan dan Menjaga Lingkungan)
Suatu permasalahan dalam ide lingkungan tanah air Indonesia kita ini subur dan makmur indah dengan pepohonan hijau, namun lungkungan nya kini tidak seperti semula banyak kerusakan dan kotor atau bisa dibilang sedikit ada bersampah akibat perlakuan tangan manusia semena mena sendiri yang tidak menyadari betapa pentingnya lingkungan bagi kelangsungan manusia dan makhluk hidup lain di bumi, untuk itu kita harus bangkit dari untuk menjaga lingkungan dari hal terkecil di ligkungan kita sampai hal terbesar di lingkungan seperti hutan lingdung yang harus di jaga pula.

Lingkungan hidup mempunyai ruang lingkup yang luas dengan cara yang beraneka pula, pertama, pengelolaan secara rutin, kedua, perencanaan diri pengolaan lingkungan daerah yang menjadi dasar dan tuntutan bagi perencanaan pembangunan. Ketiga, perencanaan pengolaan lingkungan hidup berdasarkan perkiraan dampak yang akan terjadi sebagai akibat suatu proyek pembangunan yang sedang direncanakan. Keempat, perencanaan pengelolaan lingkungan hidup untuk memperbaiki lingkungan yang mengalami kerusakan, baik karena sebab alamiah maupun karena tindakan manusia.

Dilihat apabila dari kategori kategori pengelolaan tersebut, maka pengelolaan sanitasi, sampah dan limbah cair merupakan pengelolaan yang bersifat rutin. Pembuangan sampah dan pembuangan limbah dari dapur dan kamar mandi terjadi setiap hari. Karena itu, harus ada pengelolaan secara rutin yang melibatkan seluruh anggota keluarga baik laki-laki maupun perempuan.

Untuk suatu pelestarian alam moral dan sikap mental manusia sebagai pengelola lingkungan merupakan  landasan dasar bagi manusia untuk mensikapi lingkungan hidupnya agar senantiasa lingkungan kita selalu terjaga dan indah untuk kenyamanan kita juga maka lingkungan merupakan fungsi penting dalam hidup kita mulai dari lingkungan rumah, halaman, masyarakat kita, dan daerah dari hal yang kecil ke hal yang besar agar sedikit demi sedikit tercipta kebersihan lingkungan yang lingkup besar untuk, usaha pemberdayaan dari kita semisal : Pertama, pemeliharaan kebersihan sampah di lingkungan masing-masing baik secara pribadi maupun secara gotong royong. Kedua, Penanganan sampah khusus wajib dilakukan sendiri oleh penimbun sampah untuk menghilangkan khususannya sehingga menjadi sampah umum. Ketiga, Penyediaan tempat sampah didalam persil secara tertutup dengan jumlah menurut kebutuhan dan diletakkan ditempat yang mudah dicapai oleh armada pekerja sampah.

            Kecenderungan dari kualitas Hutan dan kuantitas sumberdaya hutan saat ini yang sedikit demi sedikit terkikis kelestarian alam nya dari hutan tersebut cenderung menurun karena pembalakan kayu yang berlebihan oleh para pemegang Hak Pengusahaan Hutan, kebakaran hutan, perambahan hutan, perladangan berpindah, tumpang tindih penggunaan lahan hutan dengan kegiatan pembangunan seperti perkebunan, transmigrasi, pertambangan, pembangunan jalan dan prasarana lainnya. Sementara itu kegiatan-kegiatan rehabilitasi belum memadai dibanding dengan laju kerusakan yang terjadi, selain mengambil manfaat dari hutan ini sebernarnya kita juga harus ingat bahwa hutan ini bukan ajang di ambil manfaat nya saja namun harus di jaga pula dari hal apabila manfaat dari kayu yang di tebang di ambil itu diganti dengan tanaman baru kembali dengan penanaman pohon dari pembangunan jalan yang dilakukang di lakukan penanaman pohon juga di samping jalan supaya kembali indah, namun dari perusahaan yang mengambil hasil bumi seperti tambang ini yang merusak lingkungan terbesar perusahaan tersebut di samping mengambil hasil bumi harus melakukan tindakan pelestarian nya juga selain tambang, kemungkinan kecil dengan tanah yang sudah digali di tutup kembali apabila sudah tidak terpakai pertambang tersebut tidak di diamkan saja harus melakukan tindakan cepat dan menanam pohon kembali walaupun tidak akan bias mengembalikan seperti semula, Ayo kita jaga lingkungan kita dari hal terkecil sampai hal terbesar.



1 comments:

Ayo Bangkit said...

ayo bangki !!

Rawat dan lestarikan lingkungan Ayo ! ayo !

Post a Comment

Salam Ayo Bangkit Indonesia....!!!